Model Magang Terintegrasi dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Unnes: Suplemen Kurikulum Unnes 2020


Saiful Ridlo, - (2020) Model Magang Terintegrasi dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Unnes: Suplemen Kurikulum Unnes 2020. Project Report. LPPM Unnes, Semarang.

[thumbnail of Monograf] PDF (Monograf)
Download (2MB)

Abstract

Syukur alhamdulillah atas segala curahan kasih dan pengetahuannya kepada kami sehingga dapat merampungkan model yang diberi judul Model Magang Terintegrasi dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNNES, Suplemen Kurikulum UNNES 2020. Kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dipandang sebagai tantangan oleh Rektor UNNES. Tantangan merupakan salah satu alat memotivasi kampus untuk meningkatkan kapasitas (detiknews, 2020). Rektor UNNES menjelaskan “....Target UNNES tahun ini 500 mahasiswa yang non-pendidikan, kalau pendidikan otomatis PPL kan magang di sekolahan. Untuk prodi Kampus Merdeka target 25 prodi. ....” Oleh karena tagihan dimulai pada tahun 2020 ini maka diperlukan strategi pencapaiannya. Model ini merupakan sumbang saran dari dosen dari hasil penelitian untuk melengkapi Kurikulum UNNES 2020 Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Berisi pemikiran pemodelan program kegiatan magang terintegrasi sebagai salah satu bentuk kegiatan dari delapan kegiatan merdeka belajar kampus merdeka atau biasa disingkat MBKM. Model dibangun berdasarkan hasil penelitian dan memadukan berbagai peraturan terkait pelaksanaan program MBKM. Model telah divalidasi melalui FGD bersama Majelis Profesor UNNES, Ka BPM UNNES, dan Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES pada Senin, 12 Oktober 2020. Hasil validasi selanjutnya menuntut dikembangkannya prosedur oprasional baku (POB) agar dapat diterapkan di lapangan. Akhirnya besar harapan kami hasil pemikiran ini dapat digunakan oleh para pengambil kebijakan terkait dengan implementasi MBKM di UNNES. Terima kasih, semoga Allah SWT meridloi berbagai upaya menuju peningkatan. Penulis

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 08 May 2023 06:19
Last Modified: 08 May 2023 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57424

Actions (login required)

View Item View Item