Edukasi Pencegahan COVID-19 Secara Daring untuk Meningkatkan Pengetahuan Covid-19 Pada Mahasiswa
Irwan Budiono, - (2021) Edukasi Pencegahan COVID-19 Secara Daring untuk Meningkatkan Pengetahuan Covid-19 Pada Mahasiswa. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT, 5 (3). ISSN 1475-222656
PDF (Artikel)
Download (376kB) |
Abstract
Persentase mahasiswa Jurusan IKM FIK UNNES yang memahami dan menjalankan protokol kesehatan sebesar 69%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan COVID-19 pada mahasiswa setelah diberikan edukasi pencegahan COVID-19. Studi ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest design. Responden penelitian ini adalah 286 mahasiswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pemberian edukasi sebanyak 6 kali selama 6 minggu pada bulan Agustus hingga September 2020. Data pretest dan pottest dianalisis dengan uji t berpasangan. Skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pertama hingga keenam menunjukkan adanya perbedaan (nilai p<0,01). Skor pengetahuan sebelum edukasi sebesar 44,12+12,52 meningkat menjadi 60,74+11,69 setelah edukasi. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pencegahan COVID-19 secara daring pada mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > Interactive Learning L Education > L Education (General) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Repositori Dosen Unnes |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 05:08 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 05:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57408 |
Actions (login required)
View Item |