Edukasi Pencegahan COVID-19 Secara Daring untuk Meningkatkan Pengetahuan Covid-19 Pada Mahasiswa


Irwan Budiono, - (2021) Edukasi Pencegahan COVID-19 Secara Daring untuk Meningkatkan Pengetahuan Covid-19 Pada Mahasiswa. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT, 5 (3). ISSN 1475-222656

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Download (376kB)

Abstract

Persentase mahasiswa Jurusan IKM FIK UNNES yang memahami dan menjalankan protokol kesehatan sebesar 69%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan COVID-19 pada mahasiswa setelah diberikan edukasi pencegahan COVID-19. Studi ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest design. Responden penelitian ini adalah 286 mahasiswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pemberian edukasi sebanyak 6 kali selama 6 minggu pada bulan Agustus hingga September 2020. Data pretest dan pottest dianalisis dengan uji t berpasangan. Skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pertama hingga keenam menunjukkan adanya perbedaan (nilai p<0,01). Skor pengetahuan sebelum edukasi sebesar 44,12+12,52 meningkat menjadi 60,74+11,69 setelah edukasi. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pencegahan COVID-19 secara daring pada mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 26 Apr 2023 05:08
Last Modified: 26 Apr 2023 05:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57408

Actions (login required)

View Item View Item