Pengembangan tes pengetahuan praktikum biologi berdasarkan Graded Response dan Generalized Partial Credit


Saiful Ridlo, - (2012) Pengembangan tes pengetahuan praktikum biologi berdasarkan Graded Response dan Generalized Partial Credit. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16. pp. 166-182. ISSN 2685-7111

[thumbnail of Artikel] Other (Artikel)
Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model tes yang cocok dengan data. Pengembangan item pada penelitian menggunakan pendekatan teori respons butir politomus (TRBP). Subjek ujicoba diambil dari siswa lima SMP kelas VII akhir mewakili peringkat SMP di Kota Yogyakarta sebanyak 1030 siswa. Hasil Model TRBP yang cocok dipilih berdasarkan hasil parametrisasimenggunakan PARSCALE dan deskripsi hubungan fungsional antara respons peserta tes dengan tingkat kemampuannya yang dinyatakan dalam test information curves(TIC). Penelitian ini menghasilkan 16 butir untuk bank soal dengan karakteristik masing-masing butir memiliki nilai daya beda yang tidak rendah (>0,25 skala logit) dan nilai kesulitan butir pada selang -3 sampai +3 skala logit. Berdasarkan informasi yang dihasilkan, kedua macam model penskoran GRM dan GPCM cocok memodelkan penskoran TPPB yang diadministrasikan. GPCM mungkin lebih merefleksikan realitas bagaimana data dihasilkan sehingga dari TIC tampak lebih akurat menaksir kemampuandibanding GRM.

Item Type: Article
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 08 May 2023 05:57
Last Modified: 08 May 2023 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57382

Actions (login required)

View Item View Item