Efektivitas Quantum Learning Teknik Akrostik pada Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Materi Tata Surya


Indah Urwatin Wusqo, FMIPA P IPA (2021) Efektivitas Quantum Learning Teknik Akrostik pada Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Materi Tata Surya. In: PROCEEDING SEMINAR NASIONAL IPA XI, SEMARANG.

[thumbnail of Efektivitas Quantum Learning Teknik Akrostik.pdf] PDF - Published Version
Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Quantum Learning teknik Akrostik pada pemahaman konsep dan kreativitas siswa materi Tata Surya. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII A-VII 1 SMP Negeri 32 Semarang tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas control. Penelitian ini menggunakan quasi�experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil uji N-gain menunjukkan terjadi peningkatan nilai pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0,414 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,274. Hasil analisis uji t memperlihatkan thitung=3,14 lebih dari ttabel=1,82 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-gain menunjukkan terjadi peningkatan nilai kreativitas siswa kelas eksperimen aspek kelancaran sebesar 0,59, aspek keluwesan sebesar 0,43, aspek keaslian sebesar 0,30 dan aspek kerincian sebesar 0,47 sedangkan kelas kontrol aspek kelancaran sebesar 0,45, aspek keluwesan sebesar 0,53, aspek keaslian sebesar 0,36 dan aspek kerincian sebesar 0,22. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Quantum Learning teknik Akrostik efektif pada pemahaman konsep siswa ditunjukkan berdasarkan uji N-gain dan uji t. Quantum Learning teknik Akrostik efektif pada kreativitas siswa ditunjukkan berdasarkan uji N-gain

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: quantum learning, Teknik akrostik, pemahaman konsep, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Apr 2023 00:51
Last Modified: 18 Apr 2023 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57340

Actions (login required)

View Item View Item