(ABSTRAK) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA


RENY ANGGRAENI , 4301405015 (2010) (ABSTRAK) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran kumon dengan menggunakan question cards sebagai media pembelajaran dapat menumbuhkan ketertarikan siswa untuk belajar walaupun harus sering latihan soal. Latihan soal dimaksudkan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal sedangkan penggunaan question cards selain untuk memudahkan guru juga mengantisipasi agar siswa tidak jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kumon dengan media pembelajaran question cards dan siswa yang menggunakan model pembelajaran kumon tanpa media pembelajaran question cards siswa kelas X semestre 1 pokok bahasan ikatan kimia, serta hasil belajar kimia mana yang lebih baik antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kumon dengan media pembelajaran question cards dan siswa yang menggunakan model pembelajaran kumon tanpa media pembelajaran question cards siswa kelas X semester 1 pokok bahasan ikatan kimia. Hasil analisis tahap akhir (post test) kedua sampel berdistribusi normal, mempunyai varians yang sama. Rata-rata nilai post test kelas eksperimen 1 adalah 72.19 dan kelas eksperimen 2 adalah 63.37. Pada uji hipotesis perbedaan dua rata-rata dua pihak dihasilkan thitung (4.011) > ttabel (1.99) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan thitung (4.011) > ttabel (1.66) yang berarti bahwa rata-rata kelas eksperimen 1 lebih baik dari kelas eskperimen 2. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kumon dengan media pembelajaran question cards lebih baik dari pada penggunaan model pembelajaran kumon tanpa media pembelajaran question cards. Penggunaan model, metode dan media yang serupa diharapkan bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar pada materi pelajaran yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kumon, question cards, hasil belajar, dan komparasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2011 02:59
Last Modified: 19 Oct 2011 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item