Studi Komparasi Model Pembelajaran Antara Inkuiri dan Advance Organizer Untuk Penalaran Matematis


Wardono, - (2013) Studi Komparasi Model Pembelajaran Antara Inkuiri dan Advance Organizer Untuk Penalaran Matematis. JURNAL KREANO, 4 (1). pp. 64-72. ISSN 2086-2334

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (354kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran Inkuiri efektif untuk penalaran matematis peserta didik; mengetahui pembelajaran Advance Organizer efektif untuk penalaran matematis peserta didik; dan untuk mengetahui pembelajaran Advance Organizer lebih efektif untuk penalaran matematis peserta didik daripada pembelajaran Inkuiri. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 88,40 dan kelas eksperimen 2 adalah 84,15. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t, uji proporsi, dan uji beda dua rata-rata. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Advance Organizer efektif untuk penalaran matematis peserta didik, dan pembelajaran Advance Organizer lebih efektif untuk penalaran matematis peserta didik daripada pembelajaran Inkuiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Advance Organizer; pembelajaran Inkuiri; penalaran matematis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:18
Last Modified: 23 Apr 2023 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57307

Actions (login required)

View Item View Item