DESAIN, SIMULASI, DAN MANUFAKTUR KAKI PROSTESIS BERBAHAN KOMPOSIT KARBON PREPREG MENGGUNAKAN METODE OUT-OF�AUTOCLAVE DENGAN PROSES FABRIKASI EMRCC


Murti Ayu Nur Safitri, 5211418039 (2022) DESAIN, SIMULASI, DAN MANUFAKTUR KAKI PROSTESIS BERBAHAN KOMPOSIT KARBON PREPREG MENGGUNAKAN METODE OUT-OF�AUTOCLAVE DENGAN PROSES FABRIKASI EMRCC. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5211418039 - Murti Ayu Nur S.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Isu disabilitas fisik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang menjadi salah satu penyebab utama disabilitas fisik adalah kecelakaan. Kaki prostesis merupakan salah satu solusi untuk menggantikan fungsi anggota tubuh yang hilang yaitu kaki. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu produk energy storage and return (ESAR) foot prostheses yang memenuhi standar ISO 10328, Referensi desain yang diacu pada penelitian ini dari katalog produk luar negeri. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah simulasi dan eksperimen. Metode simulasi yang digunakan adalah metode elemen hingga menggunakan finite element method (FEM) untuk mengetahui nilai deformasi yang terjadi pada setiap desain yang dibuat jika diberi gaya 824 N atau setara 1,2x berat badan rata-rata masyarakat Indonesia. sedangkan metode eksperimen pada penelitian ini adalah dengan membuat prototype kaki prostesis dadi desain yang terpilih. Prototype yang sudah jadi kemudian dilakukan pengujian tekan dan pengamatan menggunakan mikroskop optik. Hasil dari penelitian ini adalah produk kaki prostesis yang dibuat prototype adalah desain 3. Dari hasil displacement pengujian langsung jika dibangdingkan dengan hasil simulasi sangat berbeda penyebabnya adalah ketidakpastian dalam material, geometri dan kondisi pembebanan percobaan, perlakuan curing selama fabrikasi komposit serat akan mempengaruhi sifat mekaniknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kaki Prostesis, Finite Element Method, Karbon Prepreg, Curing EMRCC, Dispalecment.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:59
Last Modified: 17 Apr 2023 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57303

Actions (login required)

View Item View Item