PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XII


Wardono, - (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XII. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1 (1). ISSN 2252-6455

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (358kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Masalah pokok yang perlu dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu : (a) bagaimana mengembangkan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang valid pada materi Program Linier kelas XII?, (b) Apakah pembelajaran berdasarkan masalah dengan perangkat yang dikembangkan efektif untuk materi Program Linier? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran, dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, lem- bar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa dan angket respon siswa, dan hasil belajar siswa dengan tes. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah valid karena telah divalidasi dengan rata-rata skor baik yaitu lebih dari 3,5 dan dilakukan ujicoba, meme- nuhi syarat-syarat yang ditetapkan, yaitu : aktivitas siswa tinggi dengan rata-rata skor 4,03 dan berpengaruh positif, kemampuan guru mengelola pembelajaran baik skor di atas 3,40 dengan , respon siswa terhadap pe- rangkat pembelajaran positif diatas 75%, dan tes hasil belajar valid, reliabel, signifikan. Sedangkan pembe- lajaran berdasarkan masalah dengan perangkat yang dikembangkan efektif, karena dari ujicoba diper-oleh aktivitas siswa tinggi yaitu 4,03 dan berpengaruh positif, kemampuan guru mengelola pembelajaran baik skor di atas 3,40, respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif diatas 75% dan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dengan ketumtasan 86,1% dan rata-rata hasil belajar secara klasikal 70,44 jauh di atas KKM yaitu 65. Pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar cukup tinggi yaitu 67,3%. Abstract The main problems to solve in this research are: (a) how to develop valid learning instrument based on problems on Linier Program Material of XII class, (b) whther or not learning based on problem with its developed instrument is effective for Linear Program material?. This study uses research and develop- ment method. It develops the learning instrument using 4D model from Thiagarajan. The data is collected through learning instrument validation sheet, observation sheet of teachers’ ability in managing the learn- ing process, observation sheet and questionnaires of students, and students learning results through test. The data analysis technique used in this research is descriptive and inferential statistic. This research comes into the finding that the learning instrument is valid because after being validated, it shows good average score, more than 3,5. Besides, it also passes the requirements: high students’ participation with the average score of 4,03 and it is positively influential, the ability of teachers to manage the learning is good with the score above 3,40, the students’ response toward learning instrument is positive with the score above 75% and the learning result test is valid, reliable, and significant. Learning based on problem and the instrument which is developed are effective because after being tested, it shows that the activity of students is high in 4,03 and positively influential, the ability of teachers to manage the learning is good with the score above 3,40, the students’ response toward learning instrument is positive with the score above 75% and the learn- ing result test is reached classically with the passing grade score 86% and the average of collective learning result is 70,44, above the minimum KKM which is 65. The influence of students’ activity toward the learn- ing result is quite high which is 67%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Based on problem Learning instrument
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2023 08:36
Last Modified: 23 Apr 2023 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57299

Actions (login required)

View Item View Item