(ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SMP NASIMA SEMARANG KELAS VII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008/2009


Kresna Hendrawan , 3101405002 (2009) (ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SMP NASIMA SEMARANG KELAS VII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SMP NASIMA SEMARANG KELAS VII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SMP NASIMA SEMARANG KELAS VII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah yang selalu monoton dan tidak menarik dalam penyampaiannya akan membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran di kelas VII D SMP NASIMA Semarang, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, guru kesulitan memberi variasi dalam pembelajaran, dan media yang tersedia masih kurang. Sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah. Penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran sejarah diharapkan siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajarpun meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP NASIMA Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengembangkan model pembelajaran sejarah agar dapat menarik minat siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 28 siswa. Siswa dikatan tuntas belajar jika siswa mendapat nilai minimal > 75,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 70% dari jumlah siswa yang ada dikelas. Hasil belajar siswa sebelum diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 64,32 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 21,43%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,39 dengan persentase ketuntasan klasikal 64,29%. Pada siklus I nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal sudah meningkat, tapi ketuntasan belajar belum mencapai indikator. Kemudian hasil belajar yang diperoleh pada siklus II nilai rata-rata sebesar 77,14 dengan ketuntasan klasikal 78,57%. Pada siklus II telah mengalami peningkatan dari siklus I, dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 78,57% dari jumlah siswa satu kelas dan nilai rata-rata mencapai 77,14. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2011 09:04
Last Modified: 19 Oct 2011 09:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item