SIMULASI FLUID FLUENT PADA DESAIN BLADE KOMBINASI SAVONIUS DAN DARRIEUS MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS UNTUK MENGANALISA DAYA


Maulana Iwan Saputra, .5211418026 (2022) SIMULASI FLUID FLUENT PADA DESAIN BLADE KOMBINASI SAVONIUS DAN DARRIEUS MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS UNTUK MENGANALISA DAYA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5211418026 - Maulana Iwan Saputra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (a) Mengetahui bentuk desain blade kombinasi Savonius dan Darrieus, (b) Mengetahui analisis dan perbedaan dari desain blade Savonius, Darrieus, serta kombinasi Savonius-Darrieus dan pengaruhnya terhadap daya output. Untuk menganalisis model turbin yang digunakan dalam pnelitian akan di cari terlebih dahulu torsi dengan menggunakan simulasi kemudian akan dilakukan perhitungan untuk daya output-nya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi CFD dimana metode ini memiliki beberapa keuntungan yaitu untuk mempersingkat waktu penelitian dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Keunggulan lainnya yaitu dapat melihat lebih detail pada ruang dan waktu. Proses penelitian secara simulasi bertujuan untuk mengetahui nilai torsi dan daya dari masing-masing model turbin. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (a) preprocessing, (b) processing, (c) post processing. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian: simulasi 2 merupakan simulasi dimana nilai torsi dan daya yang dihasilkan paling besar dengan menggunakan model turbin Darrieus. Torsi terbesar yang dihasilkan pada kecepatan angin 7 m/s sebesar 848,29 Nm dan daya sebesar 14.141 W. Tetapi memiliki starting torsi yang lebih rendah dibandingkan dengan model turbin kombinasi. Model turbin kombinasi dan Darrieus mampu mencapai target daya yang telah ditentukan yaitu 10 kW.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain blade, Torsi, Daya, Darrieus, Kombinasi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:28
Last Modified: 14 Apr 2023 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57238

Actions (login required)

View Item View Item