KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII


Sugiman, FMIPA Matematika KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VI - Tri Mega Utami.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan model ARIAS berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-8 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda dua rata-rata, dan regresi linear ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika tuntas, kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori tuntas, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model ARIAS berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran menggunakan model ekspositori, keterampilan proses siswa dan sikap cinta budaya lokal siswa secara bersama berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jadi disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keefektifan; ARIAS; etnomatematika; kemampuan pemecahan masalah; keterampilan proses.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:29
Last Modified: 13 Apr 2023 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57228

Actions (login required)

View Item View Item