PENGARUH LAMA PERENDAMAN SERAT ABAKA PADA LARUTAN SODIUM BICARBONATE TERHADAP KEKUATAN IMPACT, KEKERASAN, DENSITAS DAN MAKROSTRUKTUR KOMPOSIT BERMATRIKS POLYESTER


Elfira Musyarifah Ramadhani, 5211418003 (2022) PENGARUH LAMA PERENDAMAN SERAT ABAKA PADA LARUTAN SODIUM BICARBONATE TERHADAP KEKUATAN IMPACT, KEKERASAN, DENSITAS DAN MAKROSTRUKTUR KOMPOSIT BERMATRIKS POLYESTER. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5211418003 - Elfira Musyarifah Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Industri besar yang menggunakan fiberglass sebagai bahan baku salah satu jenis produknya yaitu industri tandon air Penguin. Jenis tandon fiberglass sendiri belum memiliki syarat SNI seperti tandon jenis polyethylene (PE) yang sudah berstandar SNI 7276:2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan impact, kekerasan dan densitas komposit sehingga dapat mewujudkan pengganti bahan tandon air yang memenuhi SNI 7276:2008. Untuk bahan yang di uji diharuskan untuk memiliki nilai kekuatan impact minimum 14 kJ/m2 dan nilai densitas minimum 0,91 gram/cm3 . Sehingga dapat diproduksi dan digunakan dengan aman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran sejelas mungkin yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu perlakuan perendaman terhadap variabel hasil dalam kondisi yang terkendali. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu perendaman maka nilai kekuatan impact, kekerasan dan densitas semakin meningkat. Nilai kekuatan impact tertinggi berada pada variasi lama perendaman ke dalam larutan sodium bicarbonate 10% selama 9 jam yaitu 12,45 kJ/m2 . Untuk nilai kekerasan Brinell tertinggi berada pada variasi lama perendaman selama 9 jam yaitu dengan nilai 50,25 HBW. Dan untuk nilai densitas tertinggi juga berada pada variasi lama perendaman selama 9 jam yaitu memiliki nilai sebesar 1,17 gram/cm3 , hal ini terjadi karena kandungan lignin pada serat abaka hilang lebih maksimal, sehingga dapat meningkatkan nilai kekuatan dan kekerasan pada komposit. Berdasarkan pengamatan makrostruktur menunjukkan hasil bahwa komposit mengalami beberapa jenis cacat pada material yaitu fiber pull out, void dan crack deflection.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Serat abaka, tandon air, sodium bicarbonate, komposit.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:56
Last Modified: 13 Apr 2023 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57204

Actions (login required)

View Item View Item