Efektivitas Abacus Pecahan Berbasis Teknologi Asistif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SLB Tunarungu


M. Fikri Azmi Alfaqih, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2021) Efektivitas Abacus Pecahan Berbasis Teknologi Asistif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SLB Tunarungu. In: Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Tahunan 2021, Solo.

[thumbnail of Efektivitas Abacus Pecahan Berbasis Teknologi Asistif  untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung.pdf] PDF - Published Version
Download (697kB)

Abstract

Kemampuan Berhitung penting dan dibutuhkan oleh semua siswa termasuk siswa tunarungu dalam belajar matematika. Penggunaan abacus pecahan dengan teknologi asistif dalam pembelajaran menjadi penting karena siswa tunarungu mengandalkan penglihatan dan bahasa Isyarat. Teknologi asistif di sini adalah alat bantu berupa video berbahasa Isyarat yang berisi tayangan peragaan abacus pecahan dan animasi power point. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi efektivitas abacus pecahan berbasis teknologi asistif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa SLB tunarungu dan (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa SLB tunarungu dalam penggunaan abacus pecahan berbasis teknologi asistif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek primer tunggal kelas 7 di SLBN Wiradesa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes berhitung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi triangulasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) abacus pecahan dengan teknologi asistif efektif meningkatkan kemampuan berhitung siswa SLB tunarungu, ditandai dengan data stabil dan peningkatan skor tes pada setiap fase; (2) Kemampuan berhitung dengan kategori baik meliputi: (a) identifikasi masalah; (b) pengetahuan materi; (c) penemuan strategi pemecahan; dan (d) kelengkapan jawaban.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Abacus pecahan; teknologi asistif; kemampuan berhitung; siswa SLB tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:48
Last Modified: 13 Apr 2023 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57202

Actions (login required)

View Item View Item