Profesionalisme Guru SD melalui Penguatan Pembelajaran yang Bermuatan 4C Competence in Mathematics di Era Merdeka Belajar


Sugiman, FMIPA Matematika and Amin Suyitno, - and Emi Pujiastuti, - and Masrukan, - and Muh. Iqbal, - (2022) Profesionalisme Guru SD melalui Penguatan Pembelajaran yang Bermuatan 4C Competence in Mathematics di Era Merdeka Belajar. In: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2022, Semarang.

[thumbnail of Profesionalisme Guru SD melalui Penguatan Pembelajaran yang Bermuatan 4C.pdf] PDF - Published Version
Download (378kB)

Abstract

Merdeka Belajar adalah suatu kondisi pembelajaran di mana siswa belajar dalam kondisi nyaman dan guru sebagai fasilitator yang profesional harus mampu menciptakan iklim belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan self-inisiative belajar mandiri. Program ini merupakan program terobosan Mendikbud, yang salah satu kebijakannya adalah penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penyederhanan ini bertujuan untuk mengurangi beban adminitratif guru. Penyederhanaan RPP berdasarkan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada siswa. Permasalahannya: Bagaimana meningkatkan profesional guru melalui penguatan pembelajaran inovatif bermuatan 4C Competence in Mathematics di era “Merdeka Belajar” bagi guru-guru SD melalui pelatihan dan pendampingan? Metode yang digunakan adalah In-service Teacher Training. Hasilnya adalah meningkatnya profesional guru yang ditandai dengan: (1) guru telah memahami program kebijakan pendidikan nasional "Merdeka Belajar", (2) guru dapat menyusun RPP inovatif sesuai abad 21 berbasis teknologi, (3) guru mampu menyusun RPP yang bermuatan kompetensi 4C, (4) guru mampu menyusun perangkat penilaian dan melaksanakan penilaian hasil belajar siswa, (5) guru dapat mengimplementasikan RPP dalam pembelajaran, dan (6) guru siap melaksanakan PTK, sebagai bagian peningkatan profesional

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: 4C, RPP, Merdeka Belajar
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:37
Last Modified: 13 Apr 2023 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57196

Actions (login required)

View Item View Item