Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Aplikasi Quizizz


Hanif Nur Cahyania, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2023) Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Aplikasi Quizizz. In: PRISMA 2023.

[thumbnail of Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif.pdf] PDF - Published Version
Download (349kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan dengan memahami konsep matematis, siswa dapat memecahkan masalah matematika termasuk siswa tunarungu. Pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis sesuai dengan karakteristik media pembelajaran bagi siswa tunarungu yang lebih mengoptimalkan visual. Media Quizizz adalah aplikasi yang mendukung kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu. (2) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran interaktif dengan bantuan media Quizizz. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan Single Subject Research dengan 5 siswa tunarungu kelas 9 di SLBN Temanggung tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes pemahaman matematis, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi triangulasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz efektif ditandai dengan hasil tes pemahaman matematis yang meningkat dari baseline ke intervensi, angket respon positif siswa terhadap quizizz memperoleh skor 94,4% masuk kategori sangat baik, dan hasil pengamatan setiap aspek sudah tampak pada fase intervensi; (2) Kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu telah memenuhi kelima aspek indikator dengan kategori baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Kemampuan Pemahaman, Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:25
Last Modified: 13 Apr 2023 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57193

Actions (login required)

View Item View Item