Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Fenomena Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Muhammadyah 4 Semarang Pokok Bahasan Kalor


Sri Indrawati , 4201407049 (2011) Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Fenomena Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Muhammadyah 4 Semarang Pokok Bahasan Kalor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Fenomena Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Muhammadyah 4 Semarang Pokok Bahasan Kalor]
Preview
PDF (Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Fenomena Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Muhammadyah 4 Semarang Pokok Bahasan Kalor) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode mengajar yang diterapkan di SMP Muhammadyah 4 Semarang adalah pembelajaran ekspositori. Pembelajaran ekspositori adalah pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang tertarik dengan pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa yang diajar dengan metode eksperimen berbasis fenomena lebih tinggi daripada pemahaman konsep siswa yang diajar dengan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMP Muhammadyah 4 Semarang. Sampel dipilih secara cluster random sampling diperoleh kelas VII-2 sebagai kelompok kontrol dan kelas VII-1 sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, uji t taraf signifikan 5% diperoleh thitung=3,21 lebih besar dari ttabel = 2,00. Peningkatan pemahaman kelompok kontrol rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 35,43 dan 61,43 dengan gain ternormalisasi 0,40. Peningkatan pemahaman kelompok eksperimen rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 40,29 dan 74,00 dengan gain ternormalisasi 0,57. Secara signifikan dihitung menggunakan uji t taraf signifikan 5%, menunjukkan thitung = 2,25 lebih besar dari ttabel = 2,00, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Berbasis Fenomena, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Oct 2011 05:58
Last Modified: 25 Apr 2015 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item