Pengembangan alat ukur supervisi klinis berbasis mobile phone dalam rangka peningkatan mutu pendidikan


Sulhadi, dkk Pengembangan alat ukur supervisi klinis berbasis mobile phone dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Download (1MB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah alat ukur supervisi klinis berbasis mobile phone yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk menilai profesionalitas atau kinerja guru dalam rangka peningkatan kualitas pen-didikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Mardapi dengan 7 langkah pengembangan. Validitas yang dinilai meliputi validitas isi, validitas konstruk dan reliabilitas instrumen. Pengujian validitas isi menggunakan formula Aiken yang dihitung berdasarkan penilaian para ahli, validitas konstruk menggunakan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan reliabilitas isi menggunakan perhitung-an Intraclass Coefficient Correlation (ICC), sedangkan reliabilitas konstruk menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil uji coba lapangan berdasarkan hasil analisis faktor terdapat beberapa butir pernyataan yang valid dengan nilai Loading Factor > 0,5. Aspek dengan butir pernyataan yang valid meliputi tahapan Persiapan dengan 5 pernyataan dan nilai Alpha sebesar 0,640, tahapan kegiatan pembelajaran dengan 23 pernyataan dan nilai Alpha sebesar 0,962, dan tahapan penutup dengan 4 pernyataan dan nilai Alpha sebesar 0,680.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:58
Last Modified: 13 Apr 2023 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57183

Actions (login required)

View Item View Item