Keefektifan Model Arias Berbantuan Kartu Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa


Rahayu, E.A, - and Waluyo, S.B, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2014) Keefektifan Model Arias Berbantuan Kartu Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JURNAL KREANO, 5 (1). ISSN 2086-2334

[thumbnail of Keefektifan Model Arias Berbantuan Kartu Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.pdf] PDF - Updated Version
Download (407kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran ARIAS berbantuan kartu masalah pada siswa kelas XI materi barisan dan deret geometri dapat mencapai ketuntasan belajar, menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajar�an ARIAS berbantuan kartu masalah lebih baik dibanding ekspositori,menganalisis penga�ruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan komunikasi matematis, serta menganalisis a�da tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran ARIAS berbantuan kartu masalah dan ekspositori. Pengambilan data diperoleh dengan me�tode tes dan angket yang kemudian dianalisis dengan uji kemampuan komunikasi matema�tis berdasar KKM, uji perbedaan rata-rata, analisis regresi linier sederhana dan analisis ga�in. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis kelas eksperi�men telah mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kelas kontrol, terdapat peng�aruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan komunikasi matematis, serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih besar dibanding ekspositori

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jurusan Matematika FMIPA UNNES
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:31
Last Modified: 13 Apr 2023 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57169

Actions (login required)

View Item View Item