PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM PENGISIAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 SRAGI
Anwar Husein, .5202418053 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM PENGISIAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 SRAGI. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan e-modul sistem pengisian berbasis aplikasi android, mendeskripsikan peningkatan pemahaman peserta didik setelah menggunakan e-modul sistem pengisian berbasis aplikasi android dalam proses pembelajaran dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik setelah menggunakan e-modul sistem pengisian berbasis aplikasi android. Metode penelitian menggunakan metode research and development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate) dengan desain uji coba menggunakan Pre�Experimental Designs jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga validator ahli materi, tiga validator ahli media, dan 36 peserta didik XI TKRO 2 di SMK Negeri 1 Sragi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket ahli media dan ahli materi yang digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, dan tanggapan peserta didik setelah menggunakan e-modul serta soal pretest-posttest berupa pilihan ganda dengan jumlah 40 soal yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan e-modul. Adapun hasil dari penelitian adalah e-modul sistem pengisian berbasis aplikasi android yang terdiri dari materi deskripsi sistem pengisian, macam�macam sistem pengisian, komponen dan fungsi komponen sistem pengisian, cara kerja sistem pengisian, diagnosis kerusakan, perbaikan kerusakan, pemeriksaan dan perawatan sistem pengisian. Selain itu, e-modul sistem pengisian juga terdiri dari tugas dan soal evaluasi. Hasil uji kelayakan e-modul sistem pengisian berbasis aplikasi android diperoleh persentase 86,3% untuk ahli media dengan kategori sangat layak dan 84% untuk ahli materi dengan kategori layak. Hasil analisis peningkatan pemahaman peserta didik menunjukan ada peningkatan pemahaman peserta didik dengan skor perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 16,08 sedangkan ttabel sebesar 2,03. Uji n-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,5 dengan kriteria peningkatan sedang. Analisis tanggapan peserta didik memperoleh hasil 95% dengan kategori sangat setuju e-modul sistem pengisian berbasis aplikasi android digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Aplikasi Android, Sistem Pengisian. |
Subjects: | L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 02:43 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 02:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57166 |
Actions (login required)
View Item |