Keefektifan Model-FSLC Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
I. Hidayati, - and M. Asikin, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2014) Keefektifan Model-FSLC Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 3 (2). ISSN 2252-6927
PDF
- Published Version
Download (600kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas model ekspositori dan kelas model FSLC dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, 2 pertemuan untuk proses penerapan pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis, observasi aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dengan pendekatan kontekstual, dan dokumentasi. Data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,95 dan ttabel = 1,69 , oleh karena thitung > ttabel, jadi Ho ditolak. Sehingga rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih dari rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ModelĀFSLC Contextual Approach Students' Mathematical Communication Ability |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 02:25 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57165 |
Actions (login required)
View Item |