Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving
Arina Ulil Faroh, - and Mohammad Asikin, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2022) Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7 (2). pp. 337-348. ISSN 2477-2348
PDF
- Published Version
Download (362kB) |
Abstract
Penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat terjadi pada pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan adalah literature review, dengan 15 artikel yang di-review. Berdasarkan kajian literatur diperoleh hasil, yaitu: 1) model pembelajaran CPS terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, kemampuan pemecahan masalah, dan penalaran adaptif; 2) model pembelajaran CPS menggunakan empat tahapan, yaitu: klasifikasi masalah, mengemukakan pendapat, evaluasi dan pemilihan, serta implementasi. Selama proses pembelajaran dengan model CPS perlu diciptakan lingkungan yang kondusif
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literature Review; Creative Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:51 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57152 |
Actions (login required)
View Item |