Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving


Arina Ulil Faroh, - and Mohammad Asikin, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2022) Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7 (2). pp. 337-348. ISSN 2477-2348

[thumbnail of Literature Review- Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.pdf] PDF - Published Version
Download (362kB)

Abstract

Penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat terjadi pada pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan adalah literature review, dengan 15 artikel yang di-review. Berdasarkan kajian literatur diperoleh hasil, yaitu: 1) model pembelajaran CPS terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, kemampuan pemecahan masalah, dan penalaran adaptif; 2) model pembelajaran CPS menggunakan empat tahapan, yaitu: klasifikasi masalah, mengemukakan pendapat, evaluasi dan pemilihan, serta implementasi. Selama proses pembelajaran dengan model CPS perlu diciptakan lingkungan yang kondusif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literature Review; Creative Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:51
Last Modified: 13 Apr 2023 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57152

Actions (login required)

View Item View Item