Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif
L. Putri, - and Dwijanto, - and Sugiman, FMIPA Matematika (2017) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education, 6 (1). ISSN 2252-6927
PDF
- Published Version
Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa SMK kelas X pada pembelajaran geometri model Van Hiele berbantuan alat peraga ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dan 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif, yang dipilih menggunakan instrumen MFFT. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes kemampuan komunikasi matematis tertulis, tes kemampuan komunikasi matematis lisan, wawancara, dokumentasi, skala sikap dan lembar pengamatan aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara tertulis maupun lisan, siswa reflektif mampu memenuhi 5 indikator kemampuan komunikasi matematis, serta kurang memenuhi satu indikator lainnya. Sedangkan siswa impulsif memenuhi satu indikator dan kurang memenuhi 5 indikator lainnya baik secara lisan maupun tertulis. Untuk rasa percaya diri siswa impulsif berada dalam kategori sedang, sedangkan rasa percaya diri subjek reflektif berada dalam kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis; rasa percaya diri; pembelajaran geometri model Van Hiele; gaya kognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:40 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57148 |
Actions (login required)
View Item |