Analysis of Mathematical Communication Skills and Confidence of 10th Grader of SMK in Geometry Material Viewed from Cognitive Style


L. Putri, - and Dwijanto, - and Sugiman, - (2017) Analysis of Mathematical Communication Skills and Confidence of 10th Grader of SMK in Geometry Material Viewed from Cognitive Style. Unnes Journal of Mathematics Education, 6 (1). pp. 97-107. ISSN 2252-6927

[thumbnail of Analysis of Mathematical Communication Skills and Confidence of 10th Grader of SMK in Geometry Material Viewed from Cognitive Style - Khoirun Nida Noor Rofi'ah.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa SMK kelas X pada pembelajaran geometri model Van Hiele berbantuan alat peraga ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dan 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif, yang dipilih menggunakan instrumen MFFT. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes kemampuan komunikasi matematis tertulis, tes kemampuan komunikasi matematis lisan, wawancara, dokumentasi, skala sikap dan lembar pengamatan aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara tertulis maupun lisan, siswa reflektif mampu memenuhi 5 indikator kemampuan komunikasi matematis, serta kurang memenuhi satu indikator lainnya. Sedangkan siswa impulsif memenuhi satu indikator dan kurang memenuhi 5 indikator lainnya baik secara lisan maupun tertulis. Untuk rasa percaya diri siswa impulsif berada dalam kategori sedang, sedangkan rasa percaya diri subjek reflektif berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; rasa percaya diri; pembelajaran geometri model Van Hiele; gaya kognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:04
Last Modified: 13 Apr 2023 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57098

Actions (login required)

View Item View Item