PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN SISTEM UTAMA ENGINE DAN MEKANISME KATUP


Arif Budiman, 5202418052 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN SISTEM UTAMA ENGINE DAN MEKANISME KATUP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5202418052 - Arif Budiman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas XI TKRO 1 SMK Muhammadiyah 2 Semarang diketahui bahwa hampir seluruh siswa mendapatkan nilai rendah pada kompetensi dasar perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup dengan rata-rata nilai 17,06 dari KKM 75. Rendahnya nilai tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan media pembelajaran Vlog yang layak dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Objek penelitian adalah media pembelajaran Vlog perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup. Uji coba produk dilakukan pada tahap implementation dengan menggunakan 2 desain tahap yaitu uji coba, yaitu uji coba lapangan awal (preliminary field testing) dan uji coba lapangan utama (main field testing). Desain eksperimen uji coba lapangan utama menggunakan Pra�Experimental Design, dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase sebesar 80,72 % (sangat layak) dan ahli materi dengan persentase sebesar 91,07 % (sangat layak). Hasil uji coba lapangan utama pada tahap pretest diperoleh nilai dengan rata-rata 47,73 dan tahap posttest diperoleh nilai dengan rata-rata 77,27. Media pembelajaran Vlog masuk dalam kategori “sangat memuaskan” berdasarkan persepsi siswa dengan persentase sebesar 89,63%. Berdasarkan hasil uji N-gain media pembelajaran Vlog terbukti dapat meningkatkan penguasaan kompetensi siswa dengan kategori sedang (nilai gain sebesar 0,565 berada di antara 0,7 ˃ N-gain ≥ 0,3), serta rata-rata nilai siswa telah mencapai ketuntasan penguasaan kompetensi dari KKM sebesar 75 (hasil One Sample Test nilai Sig. 0,212 > 0,05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Vlog, Pengembangan, Sistem Utama Engine, Penguasaan Kompetensi.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:59
Last Modified: 12 Apr 2023 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57063

Actions (login required)

View Item View Item