RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING STATE OF CHARGE (SOC) BATERAI 60V 70Ah DENGAN METODE OPEN CIRCUIT VOLTAGE (OCV) BERBASIS APLIKASI ARDUINODROID


Puji Nofiyanto, 5202418017 (2022) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING STATE OF CHARGE (SOC) BATERAI 60V 70Ah DENGAN METODE OPEN CIRCUIT VOLTAGE (OCV) BERBASIS APLIKASI ARDUINODROID. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5202418017 - Puji Nofiyanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem monitoring baterai yang berguna untuk memantau State of Charge (SOC) pada baterai mobil listrik. Dengan adanya sistem monitoring SOC diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam memperkirakan waktu charging atau discharging sehingga dapat mengantisipasi terjadinya overcharging atau overdischarging yang dapat mempengaruhi kinerja dan usia pakai pada baterai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu Analize, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, sedangkan untuk estimasi SOC menggunakan metode Open Circuit Voltage (OCV). Penelitian ini menggunakan baterai jenis Valve Regulated Lead-Acid (VRLA) yang terdiri atas 5 baterai yang dirangkai secara seri sehingga menghasilkan paket baterai dengan spesifikasi 60V 70Ah. Komponen utama sistem monitoring dalam penelitian ini adalah arduino mega 2560, sensor tegangan, dan LCD 16x2 I2C. Proses perancangan dilakukan dengan menggunakan software simulasi Proteus 8 Professional. Setelah simulasi berhasil penelitian dilanjutkan dengan pembuatan sistem monitoring menggunakan komponen yang sebenarnya. Pengujian dilakukan dengan membandingkan nilai tegangan hasil pembacaan sensor dengan hasil pengukuran menggunakan multitester selama proses pengosongan baterai dengan interval pengambilan data 10 menit. Sistem monitoring yang dihasilkan dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu sensor, mikrokontroler, user interface, dan cut off relay. Sistem monitoring bekerja dengan baik dan dapat mendeteksi dan menampilkan tegangan baterai, mengestimasikan nilai SOC, dan mengatur kerja relay. Keakuratan sistem monitoring pada pengujian simulasi mencapai 99,97%, sedangkan pada pengujian lapangan mencapai 99,89% pada posisi LOW, 99,85% pada posisi MEDIUM, dan 99,82% pada posisi HIGH.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Listrik, Baterai, Battery Management System (BMS), State of Charge (SOC), Open Circuit Voltage (OCV)
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:52
Last Modified: 12 Apr 2023 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57058

Actions (login required)

View Item View Item