Analisis Kemampuan Berpikir Prosedural Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Menyusun Prosedur Percobaan Fisika


Laeli Yasiroh, - and Sunyoto Eko Nugroho, - and Sugianto, FMIPA Fisika (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Prosedural Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Menyusun Prosedur Percobaan Fisika. Unnes Physics Education Journal, 10 (1). ISSN 2252-6935

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Prosedural Mahasiswa Calon Guru Fisika.pdf] PDF - Published Version
Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir prosedural mahasiswa calon guru dalam menyusun prosedur percobaan fisika. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa semester 4 dan semester 6 yang telah mengikuti mata kuliah Fisika Dasar 1 dan Eksperimen Fisika Dasar 1. Subjek dari penelitian ini terdiri dari enam orang. Keenam subjek penelitian tersebut dipilih berdasarkan kelompok kemampuan menyusun prosedur percobaan fisika mahasiswa calon guru fisika Universitas Negeri Semarang. Instrument pada penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagi instrument utama yang didukung oleh hasil tes tetulis, hasil wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir procedural mahasiswa calon guru tipe-1 dan tipe 2 mampu menyusun prosedur percobaan dengan sistematis tetapi kurang terperinci, sedangkan mahasiswa calon guru tipe-3 mampu menyusun prosedur percobaan dengan sistematis, logis dan terperinci

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: procedural thinking skills, prospective teacher students, and physics experiment procedures
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57001

Actions (login required)

View Item View Item