Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Oktaviani Putri Sukmagati, - and Dwi Yulianti, - and Sugianto, FMIPA Fisika (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 9 (1). ISSN 2252-6935
PDF
- Published Version
Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis STEM untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan LKS berbasis STEM, dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek uji coba kelompok kecil adalah IX A dan subjek uji coba skala besar adalah VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. LKS disusun dengan mengkolaborasikan muatan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Hasil uji kelayakan ditinjau dari kelayakan isi, penyajian, dan bahasa memperoleh kriteria sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji keterbacaan diperoleh menunjukkan bahwa LKS mudah untuk dipahami oleh siswa. Hasil uji n-gain nilai pretest-posttest diperoleh kriteria tinggi. Berdasarkan uji coba kelompok besar, LKS berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, yaitu pada aspek kelancaran,
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | creative thinking, LKS, STEM. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 04:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57000 |
Actions (login required)
View Item |