PENGEMBANGAN JOBSHEET TRANSMISI OTOMATIS PLANETARY TIPE FULL HYDRAULIC UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PENGANTAR PRAKTIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF


Dannes Gilang Dikari, 5202415029 (2022) PENGEMBANGAN JOBSHEET TRANSMISI OTOMATIS PLANETARY TIPE FULL HYDRAULIC UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PENGANTAR PRAKTIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5202415029 - Dannes Gilang Dikari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan berimbas pada lalu lintas menjadi terhambat sehingga pengemudi sering melakukan aktifitas stop and go pada kendaraan bertransmisi manual, aktifitas tersebut terbilang merepotkan membuat konsumen beralih ke transmisi otomatis. Dibalik kepraktisannya transmisi otomatis memiliki konstruksi lebih rumit. Pada program studi Pendidikan Teknik Otomotif UNNES materi transmisi otomatis masih disampaikan sebatas pada terori dasar. Penggunaan jobsheet adalah salah satu cara penyampaian materi yang dapat dilakukan untuk menciptakan pegetahuan pengantar praktik sebagai upaya menjembatani memulai kegiatan praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan jobsheet transmisi otomatis yang layak serta mengetahui peningkatan pengetahuan pengantar praktik mahasiswa. Pengembangan jobsheet ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif kemudian dianalisis menggunkan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan dan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan pengetahuan pengantar praktik mahasiswa. Hasil penelitian pengembangan berupa jobsheet transmisi otomatis planetary tipe full hydraulic. Berdasarkan penelitian, jobsheet dapat meningkatkan pengetahuan pengantar praktik dengan selisih rata-rata nilai posttest dan pretest sebesar 31,16. Dari uji-t menunjukkan perbedaan dengan thitung = 17,57 > ttabel = 2,04. Dari uji N-gain terdapat peningkatan dengan rata-rata nilai N-gain = 0,54 atau masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan uji kelayakan jobsheet yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media didapatkan hasil uji sebesar 84% dari ahli materi dan 89% dari ahli media, sehingga jobsheet yang dikembangkan masuk pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jobsheet, Transmsi Otomatis, Pengetahuan Pengantar Praktik
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:30
Last Modified: 11 Apr 2023 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56979

Actions (login required)

View Item View Item