PENGEMBANGAN MODEL KOLABORASI PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI UNTUK MENDUKUNG LAHIRNYA TECHNOPRENEUR PADA JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Yuni Dwi Hastutik, 5201418061 (2022) PENGEMBANGAN MODEL KOLABORASI PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI UNTUK MENDUKUNG LAHIRNYA TECHNOPRENEUR PADA JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201418061 - Yuni Dwi Hastutik.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Krisis ekonomi yang sedang berlangsung di Indonesia menyebabkan terbatasnya peluang kerja, terutama bagi lulusan perguruan tinggi. Di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (UNNES), mata kuliah kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah wajib. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran Technopreneurship saat ini pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNNES, untuk mengetahui model kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk mendukung lahirnya technopreneur pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNNES, dan untuk mengetahui kelayakan model kolaborasi yang ditawarkan. Metode penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan penyederhanaan langkah, menjadi tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji validasi. Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNNES serta pihak DUDI menjadi subjek dalam tahap studi pendahuluan. Adapun para ahli yakni dosen mata kuliah Technopreneurship serta pihak DUDI menjadi responden dalam tahap uji validasi. Model pembelajaran Technopreneurship saat ini pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNNES belum terjalin kerjasama antara perguruan tinggi dengan DUDI. Model kolaborasi antara perguruan tinggi dengan DUDI ini memberikan suatu model baru dimana adanya keterlibatan dari DUDI yang diimplementasikan dalam mata kuliah Technopreneurship. Model kolaborasi perkuliahann ini dinilai sudah layak untuk diimplementasikan kedepannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, technopreneurship, kolaborasi, perguruan tinggi, dunia usaha dan dunia industri
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:14
Last Modified: 10 Apr 2023 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56946

Actions (login required)

View Item View Item