PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE AUGMENTED REALITY PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA INDONESIA MUATAN PELAJARAN PPKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GARUNG WONOSOBO


Mayang Yuninda Pangesti, 1401418287 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE AUGMENTED REALITY PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA INDONESIA MUATAN PELAJARAN PPKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GARUNG WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418287_Mayang Yuninda Pangesti - Mayang yuninda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn. Hal tersebut berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran yang inovatif pada muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menarik minat belajar siswa, serta mengkaji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Puzzle Augmented Reality materi keberagaman budaya bangsa Indonesia muatan pelajaran PPKn kelas V SD Negeri 2 Garung Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model dalam pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, akan tetapi hanya menggunakan 8 langkah penelitian, yakni(1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Garung Wonosobo sejumlah 31 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 29 Maret 2022 - 27 April 2022. Variable pada penelitian ini adalah media Puzzle Augmented Reality dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Garung Wonosobo. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dokumentasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan pengembangan media pembelajaran Puzzle Augmented Reality sangat layak digunakan dengan presentasi kelayakan 96% oleh ahli media dan 95% oleh ahli materi. Media ini efektif digunakan dengan telah dilakukan uji t-test dan diperoleh thitung sebesar -10,805 ≤nilai -ttabel sebesar -1,671 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Perolehan rata-rata nilai pretest 61,8 sedangkan rata-rata nilai posttest 78,9 hasil tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan n-gain memperoleh 0,44 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian pengembangan media pembelajaran Puzzle Augmented Reality sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Saran supaya media augmented reality dapat diimplementasikan dalam materi lain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, augmented reality, puzzle, muatan pelajaran PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:38
Last Modified: 05 Apr 2023 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56900

Actions (login required)

View Item View Item