PENGARUH POLA ANYAMAN SERAT BATANG POHON PISANG TERHADAP KEKUATAN BENDING, KEKUATAN IMPACT, DAN MAKROSRUKTUR PADA MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIKS EPOXY


Kartika, 5201418016 (2022) PENGARUH POLA ANYAMAN SERAT BATANG POHON PISANG TERHADAP KEKUATAN BENDING, KEKUATAN IMPACT, DAN MAKROSRUKTUR PADA MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIKS EPOXY. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201418016 - Kartika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sifat mekanik kekuatan bending, kekuatan impact, dan makrostruktur pada material komposit dengan matriks epoxy dan penguat serat batang pohon pisang berdasarkan variasi pola anyaman. Penelitian ini dilakukan karena limbah serat alami belum dimanfaatkan secara optimal dan perlu adanya material penguat alternatif untuk kebutuhan rumah tangga seperti tandon air. Spesimen uji dibuat dengan fraksi volume matriks:penguat yaitu 70%:30%, di mana penguat yang digunakan yaitu serat batang pohon pisang. Penguat serat batang pohon pisang menggunakan pola anyaman dengan variasi plain, twill, dan random. Proses fabrikasi komposit dilakukan dengan menggunakan metode hand lay-up. Spesimen uji bending dibuat menggunakan ASTM D 790 (three point bending) dan uji impact dibuat menggunakan ASTM D 256 (charpy). Untuk pengamatan makrostruktur pada hasil patahan spesimen komposit menggunakan kamera canon EOS 1300D. Hasil penelitian menunjukkan variasi komposit dengan nilai kekuatan bending dan nilai kekuatan impact tertinggi yaitu variasi random diikuti variasi plain serta variasi twill. Nilai kekuatan bending dan nilai kekuatan impact variasi random berturut-turut yaitu sebesar 2,21 MPa dan 12,13 Kj/m2 . Pola anyaman penguat serat batang pohon pisang random memberikan efek penguat karena beban dapat terdistribusi merata. Hasil patahan pada makrostruktur yaitu bentuk patahannya berbeda-beda dan posisi cacat yang terdapat pada hasil patahan berbeda-beda walaupun jenis cacatnya sama. Dapat disimpulkan bahwa pola anyaman mampu mempengaruhi nilai kekuatan bending dan nilai kekuatan impact.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kekuatan bending, kekuatan impact, epoxy, serat batang pohon pisang, pola anyaman
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:53
Last Modified: 05 Apr 2023 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56896

Actions (login required)

View Item View Item