Penerapan Pembelajaran Dengan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Teknik Dasar Pengelasan SMAW


Alfan Mohammad Shirothu Rizqi, 5201418010 (2022) Penerapan Pembelajaran Dengan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Teknik Dasar Pengelasan SMAW. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201418010 - Alfan Mohammad Shirothu Rizqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menerapkan teknik dasar pengelasan SMAW berdasarkan penilaian para ahli, untuk menguji peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan multimedia interaktif pada kompetensi dasar menerapkan teknik dasar pengelasan SMAW, dan untuk menganalisis seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan multimedia interaktif jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Pretest�Posttest Control Grup Design, untuk membandingkan nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas dan reliabilitas media pada penelitian ini menggunakan uji CVR, CVI, dan Percent Agreement berdasarkan expert judgement. Untuk menguji dan menganalisis seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada penelitian ini menggunakan analisis uji Independent Sample T-Test pihak kanan dan uji peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah berdasarkan hasil uji validitas dari penilaian 8 ahli dinyatakan valid karena semua nilai CVR diperoleh rata-rata sebesar 0,90 > 0,75 dan nilai CVI sebesar 0,90 > 0,78, serta multimedia interaktif dinyatakan reliabel setelah hasil perhitungan menggunakan rumus percent agreement mendapat penilaian sebesar 90%. Penerapan pembelajaran dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, setelah hasil uji Independent Sample T-Test pihak kanan menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa secara signifikan karena t-hitung > t-tabel yaitu 3.700 > 1.666, dan berdasarkan uji peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memiliki peningkatan hasil belajar yang lebih besar daripada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan multimedia interaktif yaitu 41% > 26,4%.Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran dengan multimedia interaktif mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan teknik dasar pengelasan SMAW.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, hasil belajar, pengelasan SMAW
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:45
Last Modified: 05 Apr 2023 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56893

Actions (login required)

View Item View Item