KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DALAM KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR


Aprilia Rachmawati, 1401418230 (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DALAM KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418230 - Aprilia Rachmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini hanya satu, yaitu terlalu fokus mencerdaskan bangsa, sehingga lupa bahwa sebenarnya yang paling penting adalah memperkaya budi pekerti bangsa. Pendidikan harus membawa perubahan tingkah laku bagi setiap peserta didik, karena sudah jelas bahwa pendidikan berfungsi untuk membentuk karakter peserta didik. Seperti halnya pendidikan budi pekerti yang diusung oleh Ki Hadjar Dewantara. Searah dengan Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan di sekolah-sekolah, namun belum terbuktinya relevansi pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum 2013 khususnya pada sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan karakter menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan buku dan literatur lainnya sebagai objek utama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara relevan dengan konsep pendidikan karakter Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Hanya saja pada metode pelaksanaan pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara yaitu “3 Nga” Ngerti (kognitif), Ngrasa (afektif), Nglakoni (psikomotorik), dalam Kurikulum 2013 lebih menekankan pada ranah afektif sehingga posisi afektif atau Ngrasa berada di urutan pertama. Selain itu pada Sistem Asrama, pelaksanaan pendidikan karakter Kurikulum 2013 SD tidak semua menggunakan Sistem Asrama, hanya beberapa yayasan tertentu yang menyediakan asrama untuk siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan menjadi informasi terkait penyempurnaan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 sehingga dapat meningkatkan mutu pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar, yaitu dengan melakukan analisis dan persiapan yang matang terlebih dahulu sebelum menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran, serta pelaksanaannya disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ki Hadjar Dewantara, Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:37
Last Modified: 05 Apr 2023 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56888

Actions (login required)

View Item View Item