ANALISIS PELAKSANAAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV SD N DEBONG TENGAH 01 KOTA TEGAL


Nadi Duhana, 1401418202 (2022) ANALISIS PELAKSANAAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV SD N DEBONG TENGAH 01 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418202 - Nadi Duhana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar siswa menjadi salah satu permasalahan serius di masa pandemi Covid-19 karena dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan peran guru dan orang tua untuk mengatasi permasalahan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian pada proses pembelajaran kelas IV di masa pandemi Covid-19. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi, dan member check. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Dalam mencapai tujuan pembelajaran pasti siswa mengalami hambatan, kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas IV SDN Debong Tengah 01 Kota Tegal tidak lepas dari dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.; 2) guru merupakan sosok yang penting bagi pertumbuhan kemandirian belajar siswa karena guru berperan sebagai fasilitator, motivator, organisator, dan informator bagi siswa agar dapat lebih mandiri.; 3) Kurangnya kemandirian belajar siswa selama pembelajaran tatap dapat terjadi karena kebiasaan belajar selama masa pembelajaran yang kurang disiplin dan terbiasa bergantung kepada orang lain. Disarankan kepada guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa sebaiknya selalu mengawasi perkembangan yang dialami oleh siswa, memantau kegiatan siswa selama di lingkungan kelas maupun di luar kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Masa Pandemi, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:20
Last Modified: 05 Apr 2023 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56886

Actions (login required)

View Item View Item