Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang


Ayu Febriana, 1402407170 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas V karena guru kurang kreatif dalam pembelajaran, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif dan belum memanfaatkan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif dan kurang bersemangat mengikuti pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar dibawah kriteria ketuntasan minimal (≤ 65) dengan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 40,42%. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS ? (2) Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS? (3) Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS ?. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match. (2) untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match. (3) untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada siswa kelas V. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan empat tahapan dari rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 berjumlah 48 yang terdiri 27 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor keterampilan guru pada siklus I 3,5 dengan kategori sangat baik, rata-rata skor keterampilan guru siklus II 3,7 dengan kategori sangat baik dan siklus III rata-rata skor keterampilan guru 3,9 kategori sangat baik.. Hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 3,0 dengan kategori baik, hasil rata-rata aktivitas siswa siklus II 3,7 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III aktivitas siswa memperoleh rata-rata 3,8 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal hanya 2 dari 48 siswa yang mencapai KKM (65). Rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match siklus I adalah 62,27 dan 26 dari 48 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan presentase 54,16%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar adalah 71,46 dan 36 dari 48 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan presentase 75%. Pada siklus III rata-rata hasil belajar adalah 79,90 dan 41 dari 48 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan presentase 85,41%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, siswa, dan hasil belajar sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Saran yang bisa diberikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match perlu diterapkan dan dikembangkan karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar sehingga mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, kualitas pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Oct 2011 01:22
Last Modified: 25 Apr 2015 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item