PENERAPAN DISKUSI BERPIKIR KRITIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PRAKTIKUM PEMESINAN BUBUT 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN


Alverro Pratama Widodo, 5201417063 (2022) PENERAPAN DISKUSI BERPIKIR KRITIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PRAKTIKUM PEMESINAN BUBUT 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201417063 - Alverro Pratama Widodo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan diskusi berpikir kritis terhadap kognitif hasil belajar kognitif, dan menguji peningkatan hasil belajar kognitif terhadap diskusi berpikir kritis mahasiswa praktikum pemesinan bubut 1. Penelitian ini menggunakan metode true-experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subyek penelitian yang digunakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 84 mahasiswa dan terbagi menjadi kelompok eksperimen yang berjumlah 42 mahasiswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 42 mahasiswa kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yang berupa Cluster Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket yang telah diuji coba dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yakni uji T berupa independent sample T-test. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa tingkat diskusi berpikir kritis kognitif pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Perbedaan tingkat diskusi berpikir kritis pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pada kelompok eksperimen memiliki nilai tertinggi 100, nilai terendah 37, dan rata-rata sebesar 74,43, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai tertinggi 97, nilai terendah 30, dan rata-rata sebesar 66,74. Pengaruh yang signifikan pada penerapan diskusi berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif matakuliah praktikum pemesinan bubut dapat dilihat melalui tes hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa penerapan diskusi berpikir kritis pada praktikum pemesinan bubut 1 dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dibandingkan dengan pembelajaran tanpa diskusi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Abad 21, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:23
Last Modified: 04 Apr 2023 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56868

Actions (login required)

View Item View Item