PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK OLEH GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SUMPIUH DALAM MENGEJAR KETERTINGGALAN PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19


HANIFA INTAN UTAMI, 3101418034 (2022) PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK OLEH GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SUMPIUH DALAM MENGEJAR KETERTINGGALAN PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101418034 - Hanifa Intan Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Kompetensi pedagogik penting untuk dilaksanakan oleh guru mata pelajaran sejarah. Pasca pandemi Covid-19 seperti saat ini, guru perlu meningkatkan kembali kemampuan pedagogiknya agar mampu mengejar ketertinggalan pembelajaran sejarah di masa pandemi yang telah berlangsung kemarin. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengetahui bagaimana penerapan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Sumpiuh, (2) mengidentifikasi upaya guru meminimalisir kendala yang dihadapi dalam menerapkan kompetensi pedagogik pada pembelajaran di SMAN 1 Sumpiuh, (3) menganalisis solusi yang ditempuh guru mata pelajaran sejarah dalam menerapkan kompetensi pedagogik pada pembelajaran di SMAN 1 Sumpiuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sumpiuh. Sumber data penelitian meliputi; Informan yang terdiri dari guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sumpiuh, berjumlah tiga (3) orang dan peserta didik berjumlah lima (5) orang, fenomena kegiatan pembelajaran dan Studi Dokumen berupa; RPP, Power Point Interaktif dan modul belajar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa: metode observasi, studi dokumen dan metode wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Guru telah menerapkan sebagian besar dari sepuluh sub kemampuan kompetensi pedagogik dalam penyampaian pembelajaran sejarah, (2) minimalisir kendala yang dilaksanakan guru mata pelajaran sejarah dalam melaksanakan kompetensi pedagogik guna menekan kendala agar tidak semakin berdampak besar, (3) Solusi yang ditempuh guru untuk mengatasi kendala dapat dikatakan berhasil mengejar beberapa aspek pendidikan yang tertinggal. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, penerapan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Sumpiuh telah menunjukan hasil yang baik. Kendala yang ditemukan dapat di minimalisir sehingga tidak semakin berdampak luas, solusi yang dilaksanakan dapat dikatakan berhasil mengejar ketertinggalan pembelajaran. Saran yang ingin peneliti berikan kepada guru, hendaknya perlu ditingkatkan lagi dalam memberikan fasilitas dan pengembangan potensi peserta didik. Untuk sekolah, hendaknya untuk menambah fasilitas belajar yang mendukung untuk pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kompetensi Pedagogik, Guru Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:11
Last Modified: 04 Apr 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56859

Actions (login required)

View Item View Item