PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK PEMESINAN BUBUT I


Anisa Nur Lailasari, 5201417049 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK PEMESINAN BUBUT I. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201417049 - Anisa Nur Lailasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan berkomunikasi mahasiswa terhadap hasil belajar kognitif mata kuliah Praktik Pemesinan Bubut I pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang serta mengukur seberapa besar pengaruh yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan bentuk true experiment dan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest–posttest control group design sehingga membutuhkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pelaksanaannya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2020/2021. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi untuk mengukur kemampuan berkomunikasi dan instrumen tes dengan model tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar kognitif mahasiswa. Pengujian instrumen tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisi data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis, uji hipotesis dan uji peningkatan rata-rata menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS 16.0. Kemampuan berkomunikasi kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80,15 dengan kategori “tinggi”, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai 46,22 dengan kategori “rendah”. Data hasil belajar kognitif mahasiswa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata post-test sebesar 73,20. Kelas kontrol mendapat nilai rata-rata post-test sebesar 60,67. Kesimpulannya adalah kemampuan berkomunikasi memberikan pegaruh terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Praktik Pemesinan Bubut I dengan besar peningkatan rata-rata (N-Gain) pada nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 0,4663 yang masuk dalam kategori “Sedang”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berkomunikasi, Praktik Pemesinan Bubut I, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:13
Last Modified: 04 Apr 2023 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56854

Actions (login required)

View Item View Item