ANALISIS KEKUATAN DESAIN POROS GEARBOX ROTOGRAVURE DENGAN METODE ELEMEN HINGGA MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5


Ardiles Nugroho, 5201417045 (2022) ANALISIS KEKUATAN DESAIN POROS GEARBOX ROTOGRAVURE DENGAN METODE ELEMEN HINGGA MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201417045 - Ardiles Nugroho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Analisis desain poros gearbox rotogravure belum pernah dilakukan sebelumnya. Pemodelan dan analisi perlu diperhatikan sebagai salah komponen utama dari gearbox untuk mengetahui kinerja dan kekuatan desain poros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tegangan Von Mises, displacement dan safety factor menggunakan Finite Element Methods (FEM) dengan menggunakan software CATIA V5 pada desain poros gearbox rotogravure. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dan simulasi desain. Variasi alur pasak yang digunakan pada analisis desain poros gearbox adalah alur pasak 5 x 3, alur pasak 6 x 3,5, alur pasak 8 x 4, alur pasak 10 x 4,5. Analisis desain poros gearbox dengan Finite Element Methods (FEM) menggunakan software CATIA V5 untuk mengetahui nilai tegangan Von Mises, displacement, dan safety factor. Hasil analisis desain poros gearbox rotogravure pada software CATIA V5 dengan material yang digunakan besi ST 60 menunjukan bahwa nilai tegangan Von Mises terendah pada poros gearbox 1 terdapat pada variasi alur pasak 10 x 4,5 sebesar 95,96 MPa, dengan nilai displacement terendah terdapat pada variasi alur pasak 10 x 4,5 sebesar 0,02 mm dan nilai safety factor tertinggi terdapat pada variasi alur pasak 10 x 4,5 sebesar 4,324. Nilai tegangan Von Mises terendah pada poros gearbox 2 terdapat pada variasi alur pasak 10 x 4,5 sebesar 88,54 MPa, dengan nilai displacement terendah terdapat pada variasi alur pasak 10 x 4,5 sebesar 0,0192 mm dan nilai safety factor tertinggi terdapat pada variasi alur pasak 10 x 4,5 sebesar 4,688. Dari nilai perhitungan safety factor semua desain poros gearbox yang memiliki nilai safety factor ≥ 1 sehingga memenuhi standar keamanan untuk diproduksi, namun dengan mempertimbangan nilai safety factor tertinggi ≥ 4 terdapat pada desain poros gearbox rotogravure dengan variasi alur pasak 10 x 4,5.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Poros Gearbox, Finite Element Method, Tegangan Von Mises, Displacement, Safety Factor.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:07
Last Modified: 04 Apr 2023 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56852

Actions (login required)

View Item View Item