Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Documentation. Physics Education Research Journal Vol. 2 No. 2.

[thumbnail of Lisa et al (2020)-S3.pdf] PDF
Download (322kB)
[thumbnail of Hasil Turnitin] PDF (Hasil Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL) terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pre-experimental one group pretest-postest. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes pada penelitian ini yaitu soal pemahaman konsep pilihan ganda beralasan. Instrumen nontes menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Keaktifan dan pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan uji NGain. Signifikansi peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep siswa dianalisis menggunkan uji wilcoxon mathced pairs. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keaktifan dan pemahaman konsep siswa pada materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan setelah diterapkan PjBL terbimbing mengalami peningkatan rendah dengan N-Gain sebesar 0,20 dan 0,22. Hasil uji signifikansi keaktifan dan pemahaman konsep siswa didapatkan nilai sebesar 0,041 dan 0,000 (< 0,050). Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning terbimbing mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa secara signifikan pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di SMA Nurul Islami

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Danang Prasetya perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:17
Last Modified: 04 Apr 2023 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56851

Actions (login required)

View Item View Item