PENGEMBANGAN DIKTAT BERBASIS FLIPBUILDER PADA KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGELASAN PELAT DENGAN PELAT POSISI 1F DENGAN LAS BUSUR MANUAL (SMAW)


Ismad Chairul Sodik, 5201416020 (2022) PENGEMBANGAN DIKTAT BERBASIS FLIPBUILDER PADA KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGELASAN PELAT DENGAN PELAT POSISI 1F DENGAN LAS BUSUR MANUAL (SMAW). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5201416020 - Ismad Chairul Sodik.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Materi yang kompleks membuat kurangnya pemahaman peserta didik pada materi las SMAW 1F, sehingga membuat hasil belajar kompetensi las SMAW 1F kurang maksimal. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara membantu siswa dalam preses belajar. Penelitian ini menggunakan inovasi diktat berbasis flipbuilder yang dapat memberikan visualisasi dari materi yang disampaikan dan menjadi inovasi serta solusi dalam pembelajaran di masa Covid�19. Penelitian bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan media diktat berbasis Flipbuilder pada kompetensi dasar Teknik pengelasan pelat dengan pelat posisi 1F dengan las busur manual (SMAW) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi tanpa (Disseminate) menyebarluaskan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 3 Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta tes. Angket diberikan kepada validator media dan materi, kemudian tes diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen agar mengetahui efektifitas media. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan,serta penggunaannya pada pembelajaran lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar teknik pengelasan pelat dengan pelat posisi 1F dengan las busur manual (SMAW) dibandingkan tanpa menggunakan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diktat, Flipbuilder, Las SMAW, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:31
Last Modified: 31 Mar 2023 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56835

Actions (login required)

View Item View Item