IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH PASA MASA PANDEMI DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN : STUDI KASUS MA ANNAWAWI PURWOREJO KELAS X TAHUN AJARAN 2021/2022


Siti Khamdiyah, 3101418026 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH PASA MASA PANDEMI DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN : STUDI KASUS MA ANNAWAWI PURWOREJO KELAS X TAHUN AJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101418026 - Siti Khamdiyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan permasalahan terutama pada pembelajaran sejarah. Selama masa pandemi covid-19 khususnya di sekolah berbasis pesantren dengan adanya pembatasan alat komunikasi menjadi permasalahan utama sehingga pembelajaran dengan sistem daring dilaksanakan berbeda dengan sekolah formal pada umumnya yang menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang : (1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah masa pandemi di MA Annawawi Purworejo, (2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah daring di MA Annawawi, (3) Respon peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MA Annawawi. Metode penelitian yang diggunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan sumber data penelitian dari informan dan studi dokumen. Tenik pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi waktu, trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik model analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah daring di MA Annawawi berbeda dengan sekolah formal yang pada umumnya menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh, namun di MA Annawawi pelaksanaan daring dengan memberikan tugas ke siswa dengan dititipkan ke pengurus pondok dalam bentuk tugas tulis tangan, tugas sebagai penilaian dan daftar hadir peserta didik, bentuk media yang digunakan adalah media gambar, dan guru menghindari memberikan materi yang berbasis online, (2) Kendala dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, antara lain sulitnya mengakses teknologi, penyampaian materi kurang maksimal yang berimplikasi pada rendahnya pemahaman materi ke siswa, (3) Sebagian siswa setuju pembelajaran daring dan sebagian lagi yang tidak setuju dengan pembelajaran daring. Sistem pembelajaran sejarah di MA Annawawi terdapat kendala yang berimplikasi pada kurangnya pemahaman materi yang disampaikan guru. Saran peneliti dari kajian ini yakni guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang lebih hidup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi di Sekolah Basis Pesantren, Kendala Dalam Pembelajaran, dan Respon Peserta Didik
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:53
Last Modified: 31 Mar 2023 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56830

Actions (login required)

View Item View Item