FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI IMPULSE BUYING PADA PRODUK AUGMENTED REALITY: STUDI KASUS PHOTOCARD ARTIS KOREA


Cholilah Lateefa, 4612418030 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI IMPULSE BUYING PADA PRODUK AUGMENTED REALITY: STUDI KASUS PHOTOCARD ARTIS KOREA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4612418030 - Cholilah Lateefa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi Augmented Reality (AR) memainkan peran penting dalam persaingan bisnis. Dengan menggunakan AR pengguna merasakan suatu hal yang berbeda. Studi kasus penelitian ini mengamati pemanfaatan teknologi AR pada sebuah photocard Artis Korea yang diperjualbelikan. Photocard AR yang dijual tidaklah hanya sebuah gambar di atas kertas, tetapi seakan dapat berbicara, melambai, dan melakukan hal lainnya kepada pengguna. Hal itu dapat menimbulkan impulse buying pada penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi impulse buying seseorang terhadap produk photocard artis Korea yang memanfaatkan teknologi augmented reality. Enam faktor kegunaan akhirnya didapatkan dalam penelitian ini, antara lain : Perceived Ease of Use (PEOU), Visual Appeal (VA), Perceived Usefulness (PU), Electronic Word of Mouth (eWom), Satisfaction (SAT), dan Impulse Buying (IB). Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data memanfaatkan Google form dan target responden masyarakat yang menyukai budaya K-Pop berusia 15-50 tahun yang pernah memainkan atau tahu mengenai photocard AR dan pernah minimal satu kali berbelanja secara impulsif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah responden dengan jumlah 287 orang. Adapun teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS�SEM) dan menggunakan aplikasi SMARTPLS 3.0 sebagai alat untuk menganalisis datanya. Hasil yang diperoleh yaitu PU, VA, dan SAT dapat secara langsung memengaruhi IB. Untuk PEOU juga dapat memengaruhi IB, namun belum cukup untuk secara langsung. Butuh faktor lain yang memediasi agar PEOU dapat memengaruhi IB konsumen yaitu SAT. Untuk faktor eWom dalam penelitian ini terbukti tidak dapat secara langsung ataupun melalui mediator dapat memengaruhi IB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Impulse Buying, Technology Acceptance Model, Electronic Word of Mouth
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Mar 2023 05:02
Last Modified: 29 Mar 2023 05:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56812

Actions (login required)

View Item View Item