ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN AUGMENTED REALITY PADA E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL


Oktaria Gina Khoirunnisa, 4612418007 (2022) ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN AUGMENTED REALITY PADA E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4612418007 - Oktaria Gina Khoirunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fakta mengenai penjualan produk kosmetik di Indonesia yang meningkat, membuat adanya persaingan antar merek tidak bisa dihindari. Untuk menghadapi hal tersebut, setiap perusahaan menyiapkan strateginya masing masing. Salah satunya dengan menjual produk melalui e-commerce. Namun ketika menjajakan produk kosmetik secara online munculah masalah baru, yaitu tidak tersedia tester. Masalah tersebut tentunya perlu diperhatikan, mengingat dengan tidak tersedianya tester maka pembeli akan lebih sulit untuk memahami suatu produk. Hal tersebut akan memengaruhi minat beli konsumen. Shopee menjawab permasalahan tersebut dengan menyediakan fitur beauty cam berbasis markerless augmented reality. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mencoba produk secara virtual. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan menganalisis pengaruh penerimaan penggunaan augmented reality terhadap keputusan pembelian produk. Dengan Theory of Planned Behavior yang digunakan untuk mengukur faktor sosial serta Technology Acceptance Model untuk mengukur penerimaan akan teknologi tersebut. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner secara online. Sedangkan, metode analisis data nantinya akan menggunakan excel untuk proses screening data serta aplikasi SmartPLS 3 untuk uji inner model dan outer model. Hasil penelitian ini menunjukan, pengguna fitur ini didominasi dengan pengguna berjenis kelamin perempuan dengan kelompok usia 21 tahun hingga 25 tahun. Mayoritas berprofesi sebagai pelajar, mahasiswa, serta karyawan swasta. Kemudian, ditemukan bahwa hampir semua variabel independen memengaruhi variabel dependen. Kecuali variabel kontrol perilaku tidak memengaruhi niat perilaku seseorang untung menggunakan fitur beauty cam ataupun niat membeli produk kosmetik. Saran yang diberikan yaitu, berdasarkan hasil penelitian persepsi kemudahan penggunaan memengaruhi sikap seseorang dalam pemakaian serta niat menggunakan teknologi ataupun niat membeli. Penyedia fitur bisa memberikan arahan cara pemakaian fitur tersebut langsung pada aplikasi Shopee. Hal tersebut dikarenakan belum adanya petunjuk pemakan serta belum tentu semua pengguna langsung mengerti bagaimana penggunaan fitur tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, E-commerce, Technology Acceptance Model, Theory of Planned Behavior
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:54
Last Modified: 29 Mar 2023 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56810

Actions (login required)

View Item View Item