“Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang


Risma Ayu Kusumadewi, 2009 (2009) “Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang]
Preview
PDF (“Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Risma Ayu Kusumadewi, 2009. “Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang”, Skripsi. Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Drs. S. Martono, M.Si, Arief Yulianto, SE, MM. Kata Kunci:Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian Penelitian tentang pengaruh produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh poduk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang secara parsial, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh poduk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang secara simultan. Populasi penelitian ini adalah sebagian konsumen pribadi PT.Alam Kayu Sakti Semarang selama 1 tahun. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin, jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 117 konsumen. Variabel dalam penelitian ini adalah produk, promosi dan kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi = 2,663 + 0,403XYˆ 1 + 0,436X2 + 0,237X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh Fhitung= 35,344 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara variabel produk, promosi dan kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang tidak dapat menolak. Besarnya pengaruh dapat dinilai dari nilai R2 yaitu 0,470 atau 47%. Dalam hasil secara parsial maka diperoleh variabel produk thitung= 3,612 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh antara produk dengan keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang tidak dapat menolak. Variabel promosi thitung= 5,302 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh antara promosi dengan keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang tidak dapat menolak. Variabel kualitas pelayanan thitung= 4,329 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang tidak dapat menolak. Besarnya pengaruh dapat dinilai dari nilai r2 secara parsial. Variabel produk sebesar (0,3222=0,1036) atau 10,36%, variabel promosi sebesar (0,4462=0,1989) atau 19,89% dan variabel kualitas pelayanan sebesar (0,3772=0,1421) atau 14,21%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh produk terhadap keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang, ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang, ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di PT.Alam Kayu Sakti Semarang. Saran yang diajukan adalah (1) Perusahaan lebih memperhatikan merek dan menambah desain produk lebih menonjol, (2) Perusahaan harus melakukan promosi dengan menggunakan media yang luas, (3) Perusahaan hendaknyamembenahi kembali dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk memuaskan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2011 00:42
Last Modified: 19 Oct 2011 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item