STRATEGI ADAPTASI TEKNOLOGI UMKM DI KOTA SALATIGA SELAMA PANDEMI COVID-19
Fikri Fatoni, 7111418057 (2022) STRATEGI ADAPTASI TEKNOLOGI UMKM DI KOTA SALATIGA SELAMA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (2MB) |
Abstract
Strategi merupakan perencanaan dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan dengan efektif. Strategi diartikan sebagai perencanaan untuk menyusun berbagai kemungkinan dalam melakukan suatu aktivitas bisnis agar dapat bertahan dan berkembang dalam segala perubahan sosial maupun lingkungan yang terjadi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi profil UMKM di Kota Salatiga yang terdampak pandemi Covid-19 lalu mendeskripsikan dan mengevaluasi dampak penerapan adaptasi teknologi terhadap aspek ekonomi dan sosial serta menyusun strategi peningkatan adaptasi teknologi yang dilakukan oleh pelaku UMKM di Kota Salatiga pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) dengan total responden sebanyak 40 orang dan responden kunci sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil UMKM yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 adalah sebagian besar pelaku usaha memiliki karyawan yang jumlahnya lebih dari 2 orang. Dampak dari strategi adaptasi teknologi pada UMKM di Kota Salatiga terhadap kondisi ekonomi pelaku usaha dengan ditunjukkan melalui kestabilan pendapatan selama pandemi covid-19. Keadaan sosial masyarakat juga terdampak dari status pekerjaan hingga cara bertransaksi. Berdasarkan hasil analisis AHP, kebijakan yang paling diprioritaskan untuk para pelaku UMKM yaitu Mewujudkan pemberdayaan masyarakat khususnya pelaku UMKM di Kota Salatiga melalui edukasi, pelatihan dan kegiatan ekonomi. Dengan adanya strategi adaptasi teknologi bagi pelaku UMKM maka dapat membantu dalam mempertahankan usaha di masa pandemi Covid-19. Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah diharapkan lebih fokus dalam pemasaran bagi pelaku UMKM melalui kebijakan Strategi pemasaran pada pelaku UMKM menggunakan adaptasi teknologi dan pelaku UMKM harus memanfaatkan teknologi yang ada dengan maksimal dan memperdalam ilmu pemasaran menggunakan media sosial serta memperluas jangkauan pemasaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Adaptasi Teknologi UMKM di Kota Salatiga Selama Pandemi Covid-19. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 04:56 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 04:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56809 |
Actions (login required)
View Item |