ANALISIS PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN MENGGUNAKAN FITUR LIVE PADA MARKETPLACE DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) STUDI KASUS : SHOPEE


Edward Jhonatan, 4612418003 (2022) ANALISIS PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN MENGGUNAKAN FITUR LIVE PADA MARKETPLACE DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) STUDI KASUS : SHOPEE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4612418003 - Edward Jhonatan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi salah satu gaya hidup instan masyarakat karena memiliki mobilitas yang tinggi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Penggunaan internet untuk transaksi komersial dikenal sebagai perdagangan elektronik (e�Commerce). 2021 Shopee meluncurkan fitur baru sebelum kompetitor lainnya punya yaitu fitur Shopee live. Penelitian ini lebih terfokus pada menganalisis pembeli menggunakan fitur Shopee live pada marketplace Shopee menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pengaruh konsumen dalam minat pembelian menggunakan fitur Shopee live dan untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 255 responden mahasiswa UNNES 2015-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan SEM dengan software SmartPLS 3.0. Data yang sudah didapatkan dilakukan cleaning data. Didapatkan bahwa data valid berjumlah 203 orang. Hasil penelitian berdasarkan yang telah dilakukan pada outer model, terdapat tiga indikator yang dihapus yaitu PEOU 2, PEOU 4, dan PU 5, karena hasil yang didapatkan masih dibawah nilai yang ditetapkan <0,7. Pada penelitian inner model terdapat satu hipotesis yang ditolak yaitu pada pengujian t-statistics yaitu PEOU > BI dikarenakan hipotesis ini mempunyai nilai kurang dari nilai standar t-test sehingga ditolak. Namun, Terdapat enam hipotesis yang diterima yaitu PE > PU, PE > PEOU, PE > BI, PT > PU, PT > BI, dan PU > BI. Berdasarkan hasil analisis ini, keenam variabel tersebut mempunyai faktor yang mempengaruhi dalam minat pembelian menggunakan fitur Shopee live.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-Commerce, Shopee live, Technology Acceptance Model (TAM), dan Minat Pembelian
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:51
Last Modified: 29 Mar 2023 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56808

Actions (login required)

View Item View Item