OPTIMASI ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT JANTUNG MENGGUNAKAN SMOTE DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION-GREY WOLF OPTIMIZATION


Muhammad Fadil Mardiansyah, 4611418061 (2022) OPTIMASI ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT JANTUNG MENGGUNAKAN SMOTE DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION-GREY WOLF OPTIMIZATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611418061 - M Fadil Mardiansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit kardiovaskular atau yang disebut dengan jantung koroner, yaitu terjadinya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang mengarah pada serangan jantung, nyeri dada atau stroke. Secara global, penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia sejak 20 tahun terakhir. Dengan demikian diagnosis dini sangat penting untuk membantu mencegah penyakit jantung. Salah satu metode diagnosis dini penyakit jantung menggunakan Naïve Bayes Classifier. Akan tetapi, mayoritas algoritma klasifikasi memiliki kelemahan dalam menangani data yang memiliki ketidakseimbangan kelas dan data yang berdimensi tinggi. Pada penelitian ini, klasifikasi penyakit jantung dilakukan dengan menggunakan metode SMOTE untuk mengatasi ketidakseimbangan kelas, metode PSOGWO untuk mengatasi data yang berdimensi tinggi, dan Naïve Bayes Classifier untuk klasifikasi. Hasil klasifikasi penelitian ini terdiri dari kelas positif dan negatif. Hasil akurasi yang dihasilkan akan menjadi tolak ukur untuk mengdianosis penyakit jantung. Metode yang digunakan penelitian ini mendapatkan tingkat akurasi sebesar 93,94%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi, Jantung, SMOTE, PSO, GWO, Naïve Bayes Classifier.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:34
Last Modified: 29 Mar 2023 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56802

Actions (login required)

View Item View Item