Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009


Nurcahyo HW, 2009 (2009) Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009]
Preview
PDF (Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009) - Published Version
Download (29kB) | Preview

Abstract

Nurcahyo HW 2009. “Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009”. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Komunikasi, Motivasi Belajar Komunikasi merupakan sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak ke pihak lainnya. Komunikasi tersebut berlangsung sangat sederhana, dimulai dengan sejumlah ide-ide yang abstrak atau pikiran dalam diri manusia. Ide-ide yang muncul digunakan untuk mencari data atau informasi, yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan. Pesan itu kemudian disampaikan untuk mendapatkan hasil baik secara langsung maupun tidak langsung kepada komunikan, menggunakan bahasa berbentuk kode visual, kode suara, atau kode tulisan. Sejarah merupakan suatu bagian dari kelompok ilmu yang berdiri sendiri, sehingga memerlukan komunikasi yang baik antara semua sistem yang terlibat. Permasalahan dalam penelitian ini adakah pengaruh komunikasi guru dengan siswa ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa terhadap motivasi belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa terhadap motivasi belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2008/2009, adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah tiga SMP yaitu SMP Negeri 5, 13 dan 24 Semarang. Dari ketiga SMP tersebut diperoleh sampel secara porposional sejumlah: SMPN 5 Semarang sejumlah 321 siswa , SMPN 13 Semarang sejumlah 223 siswa, SMPN 24 sejumlah 280 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji coba Instrumen, Uji persyaratan analisis, Uji Hipotesis, dan Analisis Koefesien Determinasi Hasil penelitian secara parsial diperoleh nilai thitung untuk variabel komunikasi ditinjau dari aspek kognitif terhadap motivasi belajar sebesar 3.322 dengan signifikansi sebesar 0.01. Pada variabel komunikasi ditinjau dari aspek afektif terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung sebesar 12.472 dengan signifikansi sebesar 0.00. Pada variabel komunikasi ditinjau dari aspek psikomotorik terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung sebesar 9.083 dengan signifikansi sebesar 0.00. Sedangkan hasil pengujian secara simultan pada ketiga variabel komunikasi diperoleh nilai Fhitung sebesar 158.351 dengan signifikansi sebesar 0.00. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap motivasi belajar baik secara parsial dan simultan. Adapun saran yang peneliti berikan diantaranya hendaknya guru dapat menjalin komunikasi yang lebih efektif dengan siswa dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa diharapkan akan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2011 00:38
Last Modified: 19 Oct 2011 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item