SEMARANG LITERATION AND EDUTAINMENT CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A)


RAHMAWATI INTAN PRATIWI, 5112418018 (2022) SEMARANG LITERATION AND EDUTAINMENT CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5112418024 - Depi Nofelia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Literasi adalah suatu kemampuan individu untuk mendapatkan, mengolah, dan menggunakan informasi dari menulis, membaca, serta melalui pemahaman-pemahaman lain yang lebih kompleks dan beragam. Sedangkan, edutainment (education and entertainment) adalah sebuah pembelajaran atau edukasi yang dipadukan dengan metode yang lebih atraktif dan menghibur. Melalui penjabaran dua istilah tadi dapat disimpulkan bahwa edutainment merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi yang kemudian akan meningkatkan kemampuan literasi. Semarang Literation and Edutainment Center merupakan sebuah wadah untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan literasi dan edukasi entertainment yang responsif dengan mengikuti kemajuan teknologi, perkembangan zaman, dan perkembangan literasi masyarakat. Fasilitas utama yang dihadirkan sesuai dengan fungsi dari bangunan Literation and Edutainment Center antara lain; (1) area exhibition. (2) wahana interaktif, (3) auditorium, (4) studio workshop, (5) amphitheatre, (6) ruang audio visual, dan (7) library. Diharapkan dengan adanya fasilitas menarik dan beragam di Semarang Literation and Edutainment Center masyarakat menjadi lebih giat dalam kegiatan literasi dan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya, sebagaii salah satu upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dari berbagai kalangan. Semarang Literation and Edutainment Center didesain dengan pendekatan konsep Arsitektur Kontemporer. Arsitektur kontemporer adalah sebuah konsep pendekatan arsitektur yang beradaptasi dengan seiring berjalannya waktu, merespon kemajuan-kemajuan teknologi, keadaan sosial, kebutuhan, dan tren yang berkembang. Konsep kontemporer juga mengikuti perkembangan isu terkini dan ke depannya, dengan membantu memberikan solusi dengan respon-respon desain yang kontekstual. Menyajikan sebuah karya arsitektur yang fungsional, estetik, responsif, dan selaras dengan lingkungan baik dari aspek sosial, lingkungan alam, maupun visual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi, education, entertainment, arsitektur kontemporer, Kota Semarang
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:18
Last Modified: 29 Mar 2023 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56762

Actions (login required)

View Item View Item